Thursday, 4 November 2021

Mengenal Microsoft Excel

 

Microsoft Excel adalah aplikasi utama untuk pencatatan dan pengolahan data untuk berbagai bidang dan keperluan. Seperti akuntansi, penjualan, analisa statistika, dan lain sebagainya.Pemanfaatan Microsoft Excelpun sangat luas, baik di kalangan masyarakat umum, professional, serta organisasi untuk menghasilkan beragam teknik pengolahan data dan pemodelan data dalam bentuk laporan dan grafis.Namun demikian, banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Excel seringkali menimbulkan pertanyaan kapan dan bagaimana fitur tersebut harus digunakan. Selain itu, karena sebuah masalah excel bisa dipecahkan dengan banyak cara, diperlukan juga adanya pemahaman bagaimana menggunakan Ms Excel ini secara efektif dan efisien. Pada halaman ini kami sajikan daftar panduan microsoft excel beserta tutorial dasar-dasar cara menggunakan fitur-fitur microsoft excel untuk pemula sampai tingkat lanjut.

Tutorial cara mengoperasikan microsoft excel dasar pada blog ini menggunakan versi Excel 2010, meskipun demikian rumus-rumus excel yang disajikan masih bisa digunakan untuk versi lain misal ms. excel 2007, excel 2013 maupun untuk excel 2016.

Saat anda mengikuti turorial serta panduan microsoft excel pada blog ini, perlu dicatat bahwa kami menggunakan pengaturan regional setting Indonesia, sehingga rumus-rumus excel yang disajikan menggunakan pemisah argumen titik koma (;).

Apabila anda menggunakan regional setting English maka titik koma (;) yang ada pada setiap rumus excel yang kami sajikan perlu anda sesuaikan dengan menggantikannya dengan karakter koma (,). Selain itu, dimungkinkan juga adanya letak menu fitur excel yang kami sajikan berbeda dengan versi excel yang sedang anda gunakan.

 

Perbedaan Workbook dan Worksheet

Elemen elemen Microsoft excel 2010 –Workbook merupakan kumpulan dari beberapa sheet sedangkan worksheet merupakan lembar kerja yang terdapat di dalam sheet. Perumpamaannya seperti buku. Buku itu adalah workbook. Di dalam buku itu terdiri dari beberapa lembar halaman. Nah halaman itu disebut sheet. Dan di setiap halaman tempat menulis itulah yang disebut worksheet.

Memulai Microsoft Office Excel 2010

Untuk menjalankan Microsoft Office Excel 2010, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1.   Langkah yang pertama :

Ø  Melalui klik Start  kemudian pilih Microsoft Office pilih Microsoft Office Excel 2010

Ø  Selanjutnya akan muncul jendela Microsoft Excel 2010seperti gambar di bawah ini

 


2.   Langkah yang kedua :

Klik kiri 2 kali Icon Microsoft Excell 2010

 

Bagian Bagian Microsoft Excel 2010 Beserta Fungsinya – Tampilan jendela Microsoft Office 2010

a.       Title Bar

Title bar merupakan bar atau balok judul sebagai identitas suatu program aplikasi. Title bar ini ada di semua program.

b.       Menu Bar

Menu Bar biasanya berisi deretan perintah yang di dalamnya masih terdiri dari beberapa toolbar atau submenu lainnya.

c.       Toolbar

Toolbar merupakan deretan tombol-tombol bergambar yang memudahkan kita untuk memilih suatu perintah dengan cepat dan mudah, terutama untuk perintah yang sering digunakan. Toolbar ini berbetuk kotak dan berfungsi untuk mempercepat proses pekerjaan yang sedang dilakukan. Tombol-tombol ini dikenal dengan istilah shortcut sebagai perintah cepat dari sebuah pilihan menu.

d.       Quick Acces Toolbar


Bagian-bagian pada Microsoft Excel –Quick Acces Toolbar terletak dipojok kiri atas. Setiap tombol dikenali dengan bentuk-bentuk tertentu yang masing-masingnya mewakili suatu perintah yang berbeda-beda. Berikut merupakan icon-icon yang terdapat pada quick acces toolbar.

Save merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja yang baru saja dibuat atau baru saja diedit.

Undo Redo merupakan perintah untuk kembali pada tindakan sebelumnya atau membatalkan perintah yang baru saja dilakukan sedangkan redo hanya dapat berfungsi jika kita telah melakukan atau mengklik icon undo.

Open merupakan perintah untuk membuka file Ms. Excel yang telah tersimpan.

New merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja yang baru.

Size Button

e.       Size button ini digunakan untuk mengatur tampilan dari jendela Ms. Excel. Berikut adalah icon-icon yang terdapat pada size button.

Minimize digunakan untuk menutup sementara jendelan Microsoft excel dan secara otomatis menjadi icon di taskbar. Jika kita ingin membukanya kembali, kita cukup mengklik icon yang terdapat di taskbar tersebut.

Maximize digunakan untuk memperbesar ukuran jendela Ms. Excel. Letak icon ini sama dengan letak icon restore. Kita baru bisa memperbesar ukuran jendela jika sebelumnya kita melakukan restore.

Restore digunakan untuk mengembalikan jendela Ms. Excel ke ukuran semula atau mengecilkan ukuran jendela Ms. Excel.

Close digunakan untuk menutup jendela Ms. Excel.

f.        Name Bar

Biasanya terletak di bawah toolbar, di samping formula bar dan berada di atas lembar kerja. Name bar biasanya menampilkan nama sel yang sedang aktif. Contohnya A1, B1,C1 dan seterusnya. Berdasarkan contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa penamaan yang benar terhadap sel yang sedang aktif adalah didahului oleh letak columns yang diwakili dengan huruf dan diikuti letak Rows yang diwakili dengan angka.

g.       Formula Bar

Elemen-elemen Microsoft Excel 2010 dan fungsinya –Formula bar atau bar rumus terletak sejajar dengan bar nama. Biasanya digunakan untuk memasukkan atau mengedit data beserta rumus-rumus yang terdapat di sel. Bar rumus akan terisi bila sel yang sedang aktif juga telah terisi. Jadi, bila sel yang aktif masih kosong maka bar rumus juga akan terlihat kosong.

h.      Columns

Mengupload: 4147 dari 4147 byte diupload.

Columns atau kolom merupakan deretan huruf secara horizontal yang berjajar lurus ke samping dan terletak di bawah Name bar dan formula bar, di atas kumpulan sel yang diwakili dengan dengan huruf dari A sampai XFD sebanyak 16384 kolom setiap lembar kerja (worksheet).

i.         Rows

Rows atau baris merupakan deretan angka secara vertical, berjajar kebawah yang terletak di samping worksheet yang tampilannya bertanda angka mulai dari angka 1 sampai 1048576 baris di setiap sheet.

j.         Cells

Cells atau sel merupakan pertemuan antara baris dan kolom. Untuk mengaktifkan sel, kita dapat mengkliknya pada sel yang kita inginkan. Sel ini merupakan penyusun lembar kerja Ms. Excel dan di sini jugalah proses pengerjaan dokumen berlangsung.

k.       Scroll Bar

Bagian-bagian Microsoft Excel 2010 –Scrool bar atau baris penggulung berfungsi untuk mengubah sudut pandang pada lembar kerja. Scrool bar ada 2 jenis yaitu :

Ø Scroolbar vertical

Merupakan scroolbar yang tegak lurus dengan dengan lembar kerja dan sejajar atau berhadapan dengan Rows. Scrollbar vertical ini memungkinkan kita untuk menggulung/menggeser layar dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Ø Scroolbar Horizontal

Merupakan Scroolbar yang sejajar atau berhadapan dengan kolom. Scroolbar ini memungkinkan kita untuk menggulung/menggeser layar dari kanan ke kiri.

l.         Tab Sheet

Tab sheet atau tab lembar kerja terletak di bawah worksheet dan sejajar di samping scrollbar horizontal. Tab sheet ini berfungsi untuk mengaktifkan sebuah lembar kerja.

m.    New Sheet

New Sheet atau lembar baru digunakan untuk menambah jumlah sheet dalam satu jendela Ms. Excel.

n.      Status Bar

Bagian-bagian di Microsoft Excel 2010 –Status bar atau bar status terletak di bawah tab sheet yang berfungsi untuk menampilkan kondisi workspace kita. Sebagai contoh hampir setiap saat Ms. Excel menampilkan kata Ready di ujung kiri baris status. Hal itu berarti worksheet telah siap menerima berbagai informasi baru.

Icon-icon dan Fungsinya

 


 Berpindah Antar Sel Dalam Lembar Kerja

Pindah Ke

Perintah

Kiri satu sel

Panah kiri

Kanan satu sel

Panah kanan

Atas satu sel

Panah atas

Bawah satu sel

Panah bawah

Atas satu layar

Page Up

Bawah satu layah

Page Down

Sel pertama dalam baris yang berisi data

Ctrl + panah kiri

Sel terakhir dalam baris yang berisi data

Ctrl + panah kanan

Awal worksheet atau menuju sel A1

Ctrl + Home

Sel perpotongan antara baris dan kolom terakhir yang berisi data

Ctrl + End

 

Tombol Navigasi Sheet Yang Digunakan Untuk Mengatur Tampilan Nama-Nama Sheet Dengan Penjelasan Fungsinya Adalah :

 


Data Input Excel

  1. Data Input Angka

Angka-angka yang yang dapat diinputkan dalam sel worksheet harus berupa suatu nilai. Dalam Excel, sebuah angka hanya terdiri dari karakter-karakter berikut :

                                                      0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 + - ( ) , / $ %. E e

  1. Data Input Teks

Dalam Excel, data teks merupakan kombinasi antara angka-angka, spasi dan karakter yang bukan bertipe numeric.

Excel menganggap data : 10AA109, 127AXY, 12-2010, 2084567 sebagai data bertipe teks.

  1. Data Input Tanggal dan Waktu

Excel menganggap data input tanggal dan waktu sebagai data-data angka. Menampilkan data angka kedalam bentuk tanggal atau waktu dalam worksheet adalah tergantung pada format angka yang diberikan.

No comments:

Post a Comment

Materi Informatika Kelas 8 Semester 2

 Pada semester ini, kita akan menjelajahi beberapa topik penting dalam dunia informatika, termasuk berpikir komputasi, analisis data, algori...