Wednesday, 18 August 2021

Kelas 9 Informatika ke -5 " Memanfaatkan Internet dan Microsoft Office Untuk Membuat Laporan "

        Setelah mendapatkan sumber data dan informasi yang cukup, anda dapat menggunakan Microsoft Word / program pengolah kata lainnya untuk menuliskan laporan.

Ketika menuliskan laporan, ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain :

a)     Pengaturan Halaman Dokumen

Pengaturan halaman yang perlu dilakukan mencakup ukuran kertas/, spasi, orientasi kertas yang dapat kita atur menggunakan icon pada page setup di tab page layout

b)     Pengaturan Paragraf dan Spasi

Yang perlu diatur adalah aligment, identasi, spasi paragraf, spasi baris diatur pada icon yang terdapat di bagian Paragraph di tab Home

c)      Pengaturan Jenis dan Ukuran Huruf

Pengaturan ini dilakukan menggunakan icon Font dan Font Size yang terdapat pada bagian Font di tab Home. Kita juga bisa mengatur teks menjadi teks tebal / Bold, miring / Italic, dan diberi garis / Underline

d)     Menambahkan Gambar

Laporan biasanya dilengkapi dengan gambar dan grafik sebagai ilustrasi dan untuk menampilkan data, dengan menggunakan perintah Insert Picture yang terdapat di tab Insert pada bagian Illustrations.

e)     Menambahkan Halaman Dokumen

Nomor halaman dapat ditambahkan dengan menggunakan perintah Insert Page Number yang terdapat di tab Insert pada bagian Header dan Footer.

f)       Menyimpan Dokomen

Menyimpan dokumen perlu dilakukan agar dokumen dapat dibuka dan digunakan kembali, dengan menggunakan perintah Save atau Save As yang terdapat pada menu File. Pada saat menyimpan kita bisa mengatur folder tempat kita menyimpan, nama file dan type file. Kita juga bisa mengirim file kita melalui internet dan agar file kita tidak bisa diubah orang lain, anda bisa menyimpan file menggunakan tipe PDF.

g)     Mencetak Dokumen

Kita dapat mencetak dokumen pada kertas dengan ukuran yang sesuai, dengan menggunakan perintah Print yang terdapat pada menu File. Hal yang perlu diperhatikan yaitu ukuran kertas, halaman yang ingin dicetak, apakah percetakan bolak-balik dan sebagainya.

h)     Membuat Dokumen Online

Anda dapat memanfaatkan Google Drive yang menyediakan fitur untuk membuat dokumen secara online, seperti Google Docs, Google Sheets dan Google Slides. Pengaturan fitur tersebut tidak jauh berbeda seperti aplikasi Office di komputer. Kita dapat membuat, mengedit, menghapus atau membagi dokumen selama kita terhubung dengan internet.

Silahkan untuk lebih jelasnya lihat video tutorial Praktikum Microsoft  Word menggunakan Hape / Smartphone berikut :



No comments:

Post a Comment

Materi Informatika Kelas 8 Semester 2

 Pada semester ini, kita akan menjelajahi beberapa topik penting dalam dunia informatika, termasuk berpikir komputasi, analisis data, algori...